Monday, July 24, 2006

Hanabi

Posted by Ly at 7/24/2006 12:54:00 PM
...Liputan Lapangan

Senin, 24 Juli 2006, 12:50 @ 303 ter-setengah-berantakan

Minggu kemarin, 23 Juli 2006, nonton 花火. Rencana awalnya ngga pengen nonton rame2. Trus dateng rencana-2 dari Yudi : nonton bareng anak2 dorm, sama Eka, dll, dari sore (ngetek tempat duduknya). Tapi rencana-2 ini gagal. Trus malem2, Abhi nawarin rencana-3 : makan sushi di Wakabadai dulu, trus baru nonton bareng. Dan yang kepake rencana ini, tapi yang jadi pergi cuman qt b4 : gw, Sukma, Yudhi, Abhi. Dan itupun akhirnya yang nonton hanabi cuma b2.

Berangkat
Dari Chofu Eki, udah keliatan klo Tamagawa, tempat hanabinya, bakal rame banget. Orang2 pake 浴衣 berseliweran. Mulai dari anak2 (aduh pengen moto deh,,lucu,,tapi ga dapet..>_<), mbak2, mas2, ibu2, sampe bapak2. Terakhir pas pulang liat kakek2, lucu juga. Abis makan sushi, kita langsung ke Tamagawa. Keluar 駅..... huwaaaaahhhh rameeeee...!! orang2 pada berdesek2an keluar 改札口, tapi beda sama keramaian2 lainnya, keramaian kali ini mbak2nya cantik2 pake yukata, bukan pakaian minimalis kya biasanya..=). Janjian sama Angga, kita nungguin dia di depan eki. Tapi akhirnya ばらばら juga, ga ketemu.

Pas sampe Tamagawa,, udah penuuuuuhhh banget...!! ribuan orang udah pada duduk anteng di tiker masing2, tapi banyak juga yang berseliweran bulak-balik 屋台, baik cuman liat2 (kya kita..hehe) ato beli juga (kita juga beli sih..=P). Pokonya rame,,pantes aja klo mau nonton yang nyaman itu harus ngetek dari siang banget..klo ngga, ga bakal bisa duduk (kya kita juga)...

Di TKP
"なるほど", yang gw pikir abis liat kembang apinya dinyalain. Walopun kita jalan berlawanan arah kembang api, tapi ternyata kembang apinya emang bagus (ga pake banget). Gede2 n bentuknya lucu2, mulai dari bentuk hati, air mancur, sampe bentuk smile gede. Pokonya variatif.. Jadi penasaran, gimana yah bentuk2 itu bisa dibuat kaya gitu. 屋台2 yang ada juga variatif dan khas makanan festival. Kayak 烏賊焼き, たこ焼き, sampe カキ氷, yang pastinya dijual lebih mahal klo di festival2 kya gini.

Sambil nikmatin kembang api yang ga selese2 udah setengah jaman (apa 1 jaman yak) ditemenin 烏賊焼き n カキ氷, tiba2...tes..tes..ujan turun..! Gerimis yang punya bakat deres itu ngga bikin orang2 pada beranjak nyari tempat teduh. Tapi dengan asumsi bahwa semakin deres ujannya nanti, semakin desek2an jalan pulang,, maka kita putusin pulang saat itu juga. Itu aja udah ngantri, nunggu lampu merah dari petugas2nya biar bisa lewat jembatan...

Pulang
Demi prinsip sehat nan bugar, kita mutusin buat pulang jalan. Chofu, stasuin tujuan kita cuman 1 stasiun dari stasiun Tamagawa, jadi jalan pun kyanya ga jauh. Tapiiii ada yang sok tau tuh.. bilangnya tau jalan,, "tenang aja, gw kan orang sini, tau lah jalanan Chofu"..hihihi tapi ujung2nya bilang "tuh, ke arah situ, coz banyak yang lewat situ"...ngikutin orang juga nih yee.. heheh..=P. Tapi berkat orang2 lewat itu, kita bisa sampe di Chofu dengan selamat (tapi si Slamet ga ikutan sampe Chofu sih...=P siapa pun Slamet??..=P).

Di perjalanan, ternyata kembang apinya masih bisa keliatan jelas. Bahkan banyak yang berhenti di tengah jalan buat liat kembang api (apa emang dari awal mereka udah duduk situ yah, ga nonton dari Tamagawa). Tapi ternyata kembang apinya keliatan sampe jauh. Pas pulang naik taksi dari Stasiun Tobitakyuu ke asrama, abang2 taksinya bilang "tadi banyak yang liat hanabi dari jembatan itu lho (sambil nunjuk jembatan penyeberangan gede depan Stadion Ajinomoto, deket asrama gw).." hooo..jadi sampe situ juga yak keliatannya,,cukup jauh juga yah jangkauannya..

Intinya, hari ini 楽しかった, walopun desek2an di TKP, liat anak kecil di kereta dorong (di tengah keramaian tapi anaknya ga digendong,, tetep ditaro di kereta dorong??) nangis njerit2, liat keluarga nonton hanabi bareng (sama kakek n neneknya juga..nice..^_^..tapi kyanya kakeknya dah kebelet pulang aja deh,,hehe,,), ketemu temen juga disana (hihihi,,kaget juga pas denger "ウリちゃん?"..ga nyangka bisa ketemu di tengah keramean gitu.. Brati gw bersinar,, sampe2 dia bisa ngenalin gw di tengah keramaian gitu..hihi).. 楽しかったです。。^_^

vocab
花火 : hanabi : kembang api
浴衣 : yukata : pakaian tradisional musim panas Jepang
駅 : eki : stasiun
改札口 : kaisatsuguchi : tempat masukin-keluar tiket kereta
ばらばら : bara-bara : mencar2
屋台 : yatai : stand2 yang mucul di festival2
なるほど : naruhodo : i see
烏賊焼き : ikayaki : cumi2 panggang
たこ焼き : takoyaki : gurita di campur2 sama bawang, tepung, dll, dibentuk bulet2
カキ氷 : kakigoori : es serut
ウリちゃん ? : urichan ? : uLLy ? (chan = kata sandang, lebih akrab dari san)
楽しかったです : tanoshikatta desu : menyenangkan

3 Comments:

Anonymous said...

GYAAAA tanoshikatta desu ne. Sayang aku gak datang. hanabinya keren bangeeeet..... ^^ Keren2 fotonya.

HIlton ntar dtng?

makasih dah dtng ke blog ku ^^

Anonymous said...

eh ly, ntar gw dateng masih ada matsuri kagak ya? >>pi~

Ly on Tuesday, July 25, 2006 at 1:09:00 PM GMT+9 said...

kaze > hehe..he eh tanoshikatta..^_^.. Hilton?? ada yah?? tanggal berapa?? eh, tapi Hilton di mana?..hehehe..
sama2..sering2 mampir yak..^_~

pipit > lo dateng tanggal berapa dakke? kt temen gw sih tanggal 12an ada Hanabi..

 

Stasiun Kenangan Copyright © 2009 Baby Shop is Designed by Ipietoon Sponsored by Emocutez