Tuesday, July 25, 2006

Apa benar, indah?

Posted by Ly at 7/25/2006 11:14:00 PM
...Mencoba berfikir

Hampir setahun yang lalu, waktu gw liat kamera digital M, temen Jepang yang lagi homestay seminggu di Indonesia..

"M, ini foto apa?.."
"Oh, itu tumpukan sampah yang saya lihat di jalan, waktu tur ke SD, di Bandung"
"Oooo"

Awalnya bingung, tapi nggak lama ngerti juga, "tumpukan sampah" itu adalah ungkapan keheranannya. Mungkin, di Jepang hal kaya gitu nggak ada. Dan sebagai mahasiswa sastra Jepang, saat itu gw ngerti, betapa disiplinnya orang Jepang, betapa tingginya kesadaran diri mereka. Peraturan yang ada mereka patuhin tanpa protes. Pantes aja semuanya jadi teratur.
Tapi, hampir setahun gw exchange di sini, banyak kenyataan yang gw tau tentang Jepang. Salah satunya...
(diambil di jalanan pulang dari nonton Hanabi)

Jepang emang teratur, dan masyarakatnya juga disiplin. Tapi, klo kita bilang "wah, Indonesia beda banget yah sama Jepang, kesadaran masyarakatnya rendah, pantesan aja sampah jadi pemandangan umum. Kalo Jepang, kan masyarakatnya disiplin, jadinya bersih, ngga ada sampah di jalanan", itu berarti, bisa dibilang pikiran kita masih sempit. Maksudnya, nggak adil kalo kita cuman jelek2in negara kita sendiri (seperti yang sering gw lakuin..T_T), dan ngebandinginya sama negara lain, tanpa berusaha menjadi warga negara yang baik (salah satunya, buang sampah di tempatnya....inget itu uLLy...!!!)

Kalau mau dipikir secara objektif, manusia dimanapun sama aja, ada yang patuh dan peduli sama peraturan dan lingkungan, ada juga yang cuek dan masa bodo. Salut buat anggota Greenpeace yang peduli sama lingkungan, di dunia.

Gw punya temen anggota Greenpeace, Paul namanya. Salah 1 asesoris jalan2nya itu capitan sampah, ngga lupa juga dia bawa kantong plastik. Buat apa? mungutin sampah2 di jalanan. Dia orang Inggris, tapi peduli sama "kesehatan lingkungan" negara yang bukan negaranya. Emang sih dia dapet duit dari Jepang buat ngajar di Universitas, tapi kepeduliannya sama lingkungan ini bikin gw kagum sama dia. Kapan yah gw bisa kaya dia. Tapi boro2 peduli lingkungan dunia, sampah sendiri aja kadang2 suka ditelantarin..

Jadi, tanpa bermaksud menjelekkan atau merendahkan pihak manapun, daripada kita kecewa aja dan berkata ngga baik tentang negeri sendiri, gimana kalo kita mulai introspeksi? (ini juga berlaku pada penulis...!!!)

Sudahkah hari ini kita ngurangin sampah kita?
Sudahkah hari ini kita buang sampah pada tempatnya?
Apa benar kita mau Indonesia kita berubah ke arah kebaikan?
Apa benar, indah yang kita mau untuk Indonesia, kalau belum kita mulai dari kita sendiri?
Yuk, jadi bagian dari perubahan itu
Perubahan ke arah kebaikan tentunya
Perubahan yang bisa bikin kita dengan bangga bilang,
"Perkenalkan, nama saya uLLy, dari Indonesia lho..."

4 Comments:

Unknown on Wednesday, July 26, 2006 at 12:36:00 AM GMT+9 said...

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membuat Bumi kita lebih indah. Tidak harus membedakan Indonesia or Jepang, semua adalah bumi Allah.. yang Dia perintahkan untuk kita jaga. ^_^.
Terlepas dari omongan sok ustadz diatas, dulu pernah ada temen (dari Indonesia) yang begitu peduli dengan lingkungan. Dia melakukan hal2 menjaga lingkungan dari yang sederhana, misal : Belanja tidak minta plastik, tapi bawa tas sendiri. Bawa Sumpit sendiri (mengurangi kayu yang dipakai untuk buat sumpit). Dll. FYI, dia memang OK Akhlaknya !! dan itu terbukti dari tindakannya !!

Anonymous said...

mau tau cara laen bikin bumi lebih indah untuk ditinggali? ully berenti narsis!! huehuehue

Ly on Wednesday, July 26, 2006 at 12:19:00 PM GMT+9 said...

sukma > hehehehe,,contoh tuh (lho koq tuh?)..iya..contoh yuk..

nina > hahahaha..yee,,narsis teriak narsis..=P..dibilang gw cuman mengakui salah satu keindahan ciptaan Tuhan..heheh,,

just Endang on Thursday, July 27, 2006 at 9:52:00 PM GMT+9 said...

soal buang sampah itu kan cuma salah satunya....intinya,manusia itu emang hypocrite dan selalu melihat rumput tetangga yg lbh hijau, berikut kesalahan tetangga yg lbh banyak....

 

Stasiun Kenangan Copyright © 2009 Baby Shop is Designed by Ipietoon Sponsored by Emocutez