Thursday, August 3, 2006

Oleh2 dari Nasu

Posted by Ly at 8/03/2006 03:07:00 PM
...Liputan Lapangan

Im baaaack..*hugs*..
Heheh, akhirnya aku kembali temanzz. Sesuai jadwal, kemarin bus sampe Tokyo jam 4 sore. Abis itu kita langsung pada ばらばら ke rumah masing2. Berikut laporan langsung dari Tempat Kejadian Perkara..hueheh..

Oia, sebelumnya gw jelasin Summer Camp ini. Ini bukan gw ikutan Summer Camp, tapi ini Summer Campnya anak SMP, lebih tepatnya English Summer Camp, yang diadain di Nasu, Perfektur Tochigi (iyah, namanya aneh yah, Nasu = Terong, gw juga pertama dengernya heran, kok nama daerah Terong, mungkin disana emang banyak terong kli yak, dan ternyata bner.. heheh). Di program ini, anak2 itu dibagi ke kelompok2 kecil yang terdiri dari 5 - 8 anak, dan mereka punya Kapten, which was, mahasiswa2 asing. Jadi daftarlah gw ke program ini. Setelah proses wawancara yang juga ngewajibin kita ngasih 1 lagu/tarian dari negara masing2, gw lulus ikutan periode ke 2 yang gw pilih. Di program ini kita diwajibin pake bahasa Inggris ke anak2, no bahasa Jepang sama sekali, coz begitu kita ngomong bahasa Jepang, mereka ngga bakal mau nyoba ngomong bahasa Inggris sama sekali..katanya.

Hari I
Kita, 18 kapten dari berbagai negara ikutan briefing, trus nginep di hotel deket tempat briefing, baru besoknya langsung berangkat dari hotel itu ke tempat anak2nya ngumpul, dan langsung dibagi kelompok disitu. Anak2 gw terlihat kalem dan manis2.. Dari tempat ngumpul, kita langsung ke Nasu. Di bus, barulah gw tahu, kalo yang bisa ngerti gw ngomong cuman 1 dari 6 anak gw. Heheh, tanggepan mereka macem2, lucu deh. Ada yang bengong melongok selama gw ngomong, trus pas gw tanya "do you understand?" dia tetep diem, akhirnya gw pake gesture2, baru dia agak ngerti, itu juga kyanya masih ga nyambung. Uugh,,pengen pake bahasa Jepang.. Tapi tujuannya kan belajar bahasa Inggris. Ada yang begitu gw ajak ngobrol langsung pura2 bobo. Ada yang pas gw ajak ngomong langsung manggil temennya yang bisa tadi "けんちゃん、けんちゃん、通訳して..!" (Ken, Ken, terjemahin donk,,!). Pokonya lucu2.

Hari ini juga gw ngajarin Topi Saya Bundar, buat ditampilin di International Night malem terakhir. Sebagai tambahan buat ngisi waktu latihan kita yang singkat (mereka cepet banget ngapal lagu n gerakannya..!!), gw ajarin juga domikado, (permainan anak2 terkenal dari Indonesia, heheh) dan mereka suka..! heheh, aduuuhh かわいいnyaaah. Pokonya, hari ini masih perkenalan, dan kita blon deket..

Hari II
Jadwalnya, Mountain Climbing pagi2, api unggun malem, baru dilanjutin sama International Night. Dan, adalah suatu ide yang buruk (aduh bahasa gw..heheh) untuk terus ngelanjutin manjat gunung di saat hujan..!! Awalnya cuaca baik2 aja. Trus di tengah istirahat ke puncak gunung, tiba2 kabut tebel dateng, ngebawa gerimis juga, tapi belum saatnya pake jas ujan. Pas di tengah perjalanan lanjutan ke puncak, baru deh gerimis2 itu mulai memberontak, mulai ngeluarin wujud aslinya, gerimis lebih deres disertai angin kenceng, mana kabutnya juga makin tebel. Tapi herannya, kok tetep dilanjutin yak, padahal pas balik 絶対 危ない..!! turunin gunung dalam keadaan ujan pasti licin banget..! Tapi alhamdulillah ngga ada kejadian apapun..

Sore2 abis anak2 bebersih, tiba2 anak2 gw manggil, ngajakin latian lagi. Karena gw pikir Topi Saya Bundar bakal biasa banget klo cuman digayain gitu aja. Akhirnya bikin formasi selang2 ce-co, dan gw usul ke mereka, gmana klo kita main domikado dulu sebelum tampil, dan mereka stuju, malah nambah2in ide2 lucu, hihihi, anak SMP anak SMP. Disini, karena susah ngejelasin arti "if you win" ke mereka, akhirnya gw keluarin bahasa Jepang gw, tapi kya orang bego gw ngomongnya. Misal, "勝つ?" (menang?), padahal harusnya ngomong "勝ったら?" (kalo menang), tapi pura2 kagak ngatri. Heheh..lucuuuu..Dan disini mereka mulai excited sama yang bakal kita tampilin, apalagi setelah di mixed2 sama ide2 mereka.

Abis itu api unggun, dmana smua ngerasa fun..^_^..Baru deh International Night, tapi sayang, kelas 1 n 2 dipisah. Berhubung anak2 gw kelas 2, jadi kita dapet tampil di bawah. Pertunjukkan2 negara lain lucu2..lagu n gayanya. Tapi ada yang gw rasa kurang..kurang enjoy kli yak anak2nya keliatannya. Pada malu2, jadi ngga pada maksimal, kecuali ada 2 yang lumayan. Tapi salah 1 anak gw, Kiho bilang "絶対勝つ" (pasti menang) sambil ngepalin tangannya n ngekspresiin mukanya kya lagu full power gitu,, hahahaha lucu deeehh. Pas tampil, mereka emang agak malu2, ngga se berani kya pas latian, tapi tetep ngelakuin sesuai rencana kita. Gw paling suka bagian pas ce2nya bilang "the girls are win..!" dan co2nya tiba2 megangin kepala mereka sambil bergaya seolah2 dipukul "aaarrgh" karena kalah domikado. Dan kita menang..^_^.. dapet The Coolest Performance. Heheh, walopun bukan The Best Performance, tapi pada seneng banget deh mereka. Aduh senengnya liat anak2ku seneng gituuuh..^_^

Hari III
Hari terakhir. Hari ini cuman upacara penutupan sama jalan2 ke taman bermain daerah Nasu itu. Emang dasar daerah peternakan
, di dalemnya ada tempat kayak peternakan. Bisa naik kuda, ngasih makan sapi, kuda, kambing, dll, bisa meres susu sapi, dll. Abis dari sini, pulang naik bus, dan bubar....

Wah, tenyata gw kehilangan mereka juga, anak2 bandel tapi lucu itu.. Masih smp tapi galak2 (ce nya, tapi galak2 lucu sih, bkn galak bneran). Anak2 conya disuruh2 n dipaksa2..hihihi lucu banget deh. Padahal begitu dewasa dan nikah, istri Jepang patuh ke suami mereka, ngga kebayang kecilnya galak2 kya gitu. Jadi pengen jadi guru TK Jepang..heheh ngga nyambuuuung.. Bis pas turun gunung, di jalan ketemu rombongan anak SD keciiil banget (kelas 1 kliyak), trus pas ngelewatin 2 anak yang lagi duduk, mereka bilang "ハロー" (haloo) ke orang asing yang lewat, huwaa lucuuuu.

vocab
ばらばら : bara-bara : mencar2
かわいい : kawaii : imuuut, lucuuu
絶対危ない : zettai abunai : jelas bahaya (dalem konteks ini)

4 Comments:

Anonymous said...

pi~: harusnya Ly "ngartos teu???" hahaha,, jayus. Seru tuh kayaknya yak,,, ada brondong lutchu ga??? alah ibu2,,,

Ly on Friday, August 4, 2006 at 1:15:00 AM GMT+9 said...

pi> hahahaha..dasaaarr..ada pit..!! kyanya dia populer gituh,,tapi masih smp..brondong banget..tus kita dilarang minta data anak2..coba klo boleh yak,,=P

Anonymous said...

pi~: wuaaaa,,, sayang sekaliiiii
SMP tapi kan badannya bongsor bow, kalo bsanding ma gw mah masih pantes,,alah apa seeeh, kayak tante2 genit aja yak gw

Ly on Friday, August 4, 2006 at 1:40:00 AM GMT+9 said...

hahahaha..iyah..!! kagak pake kayak pit,,tapi emang,,!! doyannya brondong,, ckckckck..=P. Eh tapi ga ada salahnya sih doyan brondong cuman beda umur anak SMP sama lo itu 10 tahun bu,,!..=P heheheheh

 

Stasiun Kenangan Copyright © 2009 Baby Shop is Designed by Ipietoon Sponsored by Emocutez