Wednesday, November 15, 2006

Kejahatan di Depan Mata

Posted by Ly at 11/15/2006 04:15:00 PM
Setelah 2 kali gw ngeliat dengan mata kepala sendiri, pengalaman ke-3 kali ini gw (mudah2an) bisa ngeliat gelagat pencurian berencana..

Jadi gini ceritanya. Tadi, pulang dari kampus sekitar jam 11an, gw naik angkot. Angkot itu emang sepi penumpang, baru mulai rame di tempat biasa temen gw turun. Tapi, entah kenapa gw mencurigai para penumpang yang naik dari tempat ini. Jadi pada awalnya ada 2 orang laki2 kira2 umur 30 atau 40an yang keliatan mo naik angkot yang gw naikin itu, tapi entah darimana, naik 3 orang lagi, jadinya penumpang dari tempat itu ada 5 orang, dan gw mencurigai mereka.

Kecurigaan gw bertambah setelah mereka naik. Awalnya gw duduk di depan pintu angkot, sebelah bapak2 yang bawa keranjang buah, tapi entah knapa tiba2 salah satu dari 5 sekawan yang tadi naik misahin kami berdua (oh..jangan pisahkan kamii..heheh), jadi dia duduk diantara kita. Secara gw udah mencurigai mereka, gw ga mau duduk diapit mereka, jadi akhirnya gw duduk sebelahan sama mas2 yang duduk di pojok.
Keanehan 1, ngapain dia nyelak, padahal gw duduknya lebih deket ke bapak2 daripada mas2? dan masih ada tempat lain..
Selain itu, pas mereka baru naik, gw mindahin HP dari kantong kanan celana ke dalem tas, dan resleting tas sengaja gw arahin ke sebelah kiri gw, ke arah mas2 pojok, salah 1 dari mereka yang duduk depan gw ngeliat proses gw mindahin itu.
Keanehan 2, ngapain dia ngeliatin gw mindahin HP gw?
Ngeliat kecurigaan gw yang mulai mendekati kenyataan, gw bertekad mo cuek sama kehebohan apapun yang mereka lakukan, secara di 2 pencurian sebelumnya gw liat 2 modus yang berbeda, jadi sekarang gw mengira2 modus apa yang bakal mereka lakukan kali ini, sambil baca sticker peringatan tentang pencurian seperti ini di kaca belakang mobil.

Tiba2 ada yang aneh lagi. Entah kenapa bapak2 bawa keranjang yang duduk depan pintu tiba2 disuruh pindah ke deket pintu dari kursi angkot yang untuk 4 orang, mungkin karena biar ga repot sama keranjangnya. Tapi menurut gw sih malah ngga repotan ditempatnya yang tadi, kasihan bapak2 itu, kok mau disuruh pindah yah. Jadi, orang2 yang gw curigain itu duduknya di : pojok kursi 4, sebelahnya, deket pintu di kursi 2, sebelah kanan gw (yang masih make backpacknya, padahal dah duduk, bukannya dipangku aja..) dan sebelahnya.

Terus, anggota 5 sekawan yang duduk deket pintu di kursi 2 tiba2 bilang ke bapak keranjang untuk buka jendela, dan bapak itu bukain jendela gede angkot yang deket pojok kursi 4 (emang di kursi 4 kan cuman itu jendelanya), tapi si peminta jendela terbuka itu bilang "bukan, jendela yang belakang bapak" sambil berekspresi ga enak badan. Nah lho..ada yang aneh disini. Jelas2 jendela itu ga bisa dibuka. Siapapun yang pernah naik angkot itu juga tau, klo jendela yang bisa dibuka di deretan itu cuman yang di ujung. Lagian kan dia duduk depan pintu, yang anginnya pasti banyak banget..knapa dia masih minta jendela situ dibuka..aneh..Dan gw jadi nemuin 1 modus yang kira2 bakal mereka lakuin : ngalihin perhatian dengan pura2 muntah, kya modus sebelumnya yang gw liat langsung..
Keanehan 3, permintaan2 mereka ga masuk akal, ya minta bapak2 itu pindah kursi lah, ya minta bukain jendela yang ga bisa dibuka lah, padahal tempatnya strategis angin
Hhh..orang2 itu cuman bisa bikin gw mo marah aja (hehe,,emang gw panasan sih), jadi makin gw cuekin aja dengan ngadep kiri, ngeliatin luar. Tapi mereka pun memulai usaha mereka..

Bapak2 depan pintu sama bapak2 sebelahnya sebelah gw ngajakin bapak2 keranjang ngobrol. Ngerasa ini adalah usaha mereka, gw merhatiin 3 orang yang lain. Dan yang ketangkep paling mencolok di mata gw adalah bapak2 depan gw, yang berarti sebelah bapak2 keranjang. Dia, entah ngambil sesuatu dari kantong kirinya, entah ngapain, sangat mencurigakan. Secara ngga sadar, gw ngeliat tangannya yang merogoh2 sesuatu itu. Yang gw takutin, dia nyoba untuk ngambil sesuatu dari kantong si bapak keranjang. Tadinya gw pengen bilang ke bapak2 keranjang "pak, turun sini aja"..tapi serem juga klo mereka jadi ganas. Jadi gw liatin terus tangan kirinya dan gerakannya. Tapi terus terang gw ga bisa liat apa2. Tapi kyanya dia ngerasa klo gw ngeliatin dia, jadi sambil tangannya entah ngapain yang ngga selese2 itu, sambil (kayaknya, gw ngerasanya sih gitu) ngeliat gw sesekali. Dan gw juga sambil ngeliatin kegiatan tangannya yang mencurigakan itu, sambil pura2 ngeliat yang lain. Tapi abis itu, seolah2 pengen nunjukin gw, dia masukin tangan kirinya ke kantong belakang kirinya, kyak ngambil sesuatu, dan gw bisa liat itu dengan jelas, sementara kantong kanan bapak2 keranjang kebuka, ngga tau emang udah kebuka sebelumnya, atau karena dirogoh2 sama orang mencurigakan itu.

Akhirnya perjalanan mereka pun berakhir. Sebelum angkot itu harus belok, salah satu dari 5 sekawan yang duduk sebelah gw turun. Trus, pas banget abis angkotnya belok, bapak2 perogoh turun, diikutin bapak2 sebelahnya. Trus, setengah menit kemudian, 2 terakhir yang ngajakin bapak2 keranjang itu ngobrol pun turun..Kyanya sih mereka ga dapet apa2..hehehehe..
Keanehan 4, kok turunnya barengan..
Haduh..kok Jakarta seserem itu yah. Entah untung ato ngga, gw agak bersyukur pernah ngeliat langsung penipuan dengan modus2 aneh itu (dan tambah bersyukur karena gw ngga kena). Tapi gw ga pengen liat lagi, apalagi kena. Padahal di angkot2 udah ada tulisan :

Hati2 pencurian dalam angkot dengan modus sebagai berikut :
1. Menjual barang
2. Muntah2 dalam mobil (pengalaman ke-2 gw)
3. Memijat mijat
4. Menjual burung (pengalaman pertama gw)

Berarti mereka udah ketauan. Di pengalaman 1st, jatuh korban yang akhirnya beli burung tipuan itu, karena 2 korban itu kena hipnotis. Di pengalaman 2nd, sejauh gw naik (dan setahu gw) ga ada korbannya, ngga tau klo abis gw turun. Dan 3-3nya,,kyaknya mereka beraksi ber5..

Saran buat anda2 yang ngeliat hal2 mencurigakan seperti diatas :
1. Jaga barang bawaan anda, klo bisa lindungi sisi resleting tas anda, arahkan ke sisi yang jauh dari mereka, oia, klo bisa jangan duduk sebelah mereka, pepetin aja sama penumpang yang dari tadi dah ada di situ
2. Klo bisa, masukin barang2 berharga ke dalam tas anda, jangan ngantongin dompet atau HP di kantong celana atau baju
3. Jangan ikut heboh klo mereka buat kehebohan, tetap waspada dan lindungi diri anda dan bawaan anda
4. Tetep konsentrasi, dan jangan bengong, untuk menghindari hipnotis dari mereka (klo yang pake modus hipnotis)
5. Berdoalah semoga dalam perjalan, anda dilindungi Nya, dari hal2 yang tidak baik, amiiinn

7 Comments:

Anonymous said...

ully gua ga ngerti cerita lo..coba kl lo sertakan gambar ato peta posisi tempat duduk para pelaku mgkin akan sangat membantu..gitu aja deh, makasih

Ly on Thursday, November 16, 2006 at 12:12:00 AM GMT+9 said...

nina & stupified > hihihi..brati gw ga jago deskriptif..wah gmana yah,,mudah2an skripsi bisa (hehe ga nyambung)..

nina > ogah ah..ntar klo moto, gw dicari lagih ma mereka..sekarang aja udah cukup populer..

Ly on Thursday, November 16, 2006 at 1:16:00 AM GMT+9 said...

stupified lagi > eh,,lo ada blognya??isi donk,,jangan dikosongin gitu,,ntar gw link nih..hehehe..

Anonymous said...

pi~>> gw juga pernah tuh Ly, tp mereka pura2 duit koinnya jatoh trus pura2 duitnya ada d deket kaki si korban, mau gak mau si korban duduknya bergeser,jadinya duduknya agak mepet k yg sebelah, tanpa di sadari d sebelah korban ternyata juga duduk komplotan si pencuri yg siap ngerogoh tas korban

Saran gw, langsung turun dr angkot kalo nyadar ada pencuri, bayar ongkos sambil teriak ke sopir "Bang di angkotnye banyak bener maling",trs lari nyari tempat yg banyak orang.hahaha nekat

Ly on Thursday, November 16, 2006 at 9:58:00 AM GMT+9 said...

pi~ > hahahaha,,iyah,,nekat amat klo kya gitu pit,,hihi tadinya sih pengen gitu,,tapi kasian bapak2 keranjang klo beneran kecopetan,,tapi kan berkat lirikan tajam gw (kyaknya) akhirnya ga jadi kecopetan..heheheh..

Unknown on Sunday, November 19, 2006 at 3:56:00 PM GMT+9 said...

iih keren Ully.. tapi emang sih, kayaknya kalau pencopet gitu mau beraksi dan diawasin, diliatin... mereka jadi gak enak sendiri. Entang karena perasaan bersalah atau gimana. Coba pikir, kamu kan sendirian, kalau cuman kamu doang yang ngeliatin mereka, masa sih mereka takut.. lah cewek.. kurus pun. ^_^.

Kalau menurut aku, kesigapan kita dalam segala situasi.. InsyaAllah berguna. Kalau dalam kasus ini, kayaknya penglihatan tajam kamu.. sedikit banyak pengaruh pada mereka.

Alhamdulillah bukan kamu yang ada di posisi bapak2 bawa keranjang.

Ly on Sunday, November 19, 2006 at 5:32:00 PM GMT+9 said...

hehehe..iya sih,,setelah dipikir sekarang, serem juga harusnya buat aku klo ngeliatin mereka kayak gitu,,tapi aku bisa nekat saat itu..hehe.

iyah,,mudah2an mereka blon dapet apa2,,
iyah,,alhamduliah itu bukan aku yah,,
tapi ko kasus gitu masih ada aja sih yah,,padahal kyaknya semua orang udah pada sadar gitu akan adanya kasus itu..ckckckc

 

Stasiun Kenangan Copyright © 2009 Baby Shop is Designed by Ipietoon Sponsored by Emocutez