Showing posts with label Berfikir. Show all posts
Showing posts with label Berfikir. Show all posts

Tuesday, January 8, 2013

2013 Goals

Posted by Ly at 1/08/2013 02:46:00 AM 0 Comments
caridisini
Saat ini saya sedang sangat bersemangat mewujudkan resolusi 2013. Semoga nanti saat membaca lagi tulisan ini, beberapa (atau bahkan sebagian besar) resolusi 2013 sudah terwujud, minimal mendekati, bukannya terlupakan. :D

Bismillahirrohmaanirrohiim..

Saturday, December 29, 2012

Do what you like! What do you like?

Posted by Ly at 12/29/2012 06:34:00 PM 0 Comments
Saya nggak akan memulai postingan ini dengan kalimat klise seperti: "udah lama yah nggak ngepost", langsung aja, anggap blog ini nggak pernah di-vakum-in (kata2 yang aneh), walaupun blog ini memang berdebu (karena lama nggak kesentuh). Hihihi, kalimat panjang tadi juga sebenarnya sejenis dengan kalimat klise dalam kutipan diatas yah..

Beberapa minggu ini sering melihat profil teman-teman yang punya usaha sendiri. Entah itu dari FB atau BB mereka. Dan usaha mereka nggak cuma main-main. Mereka profesional. Kebanyakan mereka hanya melakukan hobi mereka saja, hal-hal yang mereka suka. Kalau melihat hasil kerja mereka dan betapa luasnya usaha mereka saat ini, menurut saya sih bukan sekedar hanya. Mereka adalah pengusaha. Padahal usia mereka masih muda, ada yang sedikit lebih tua, atau bahkan lebih muda dari saya, pokoknya nggak jauh dari usia saya, deh (ngerasa muda nih yee).

Selain -tentu saja- merasa terbalap (??) karena mereka begitu muda dan punya usaha -kegemaran- mereka sendiri, saya jadi bersemangat. Tapi apa yang bisa saya lakukan yah? Cari ah. Bismillah..

Thursday, May 26, 2011

Untukku, untuk Indonesiaku

Posted by Ly at 5/26/2011 12:15:00 PM 5 Comments
Bilal & Papa @ Doraemon's Scientific Future Museum, Odaiba, Tokyo. 02Aug2010
Meskipun belum tahu kapan, tapi saya sudah membayangkan tinggal di Indonesia, menjalani real life. Ya, menurut saya tinggal di Indonesia adalah real life bagi kami, karena suatu saat nanti kami akan pulang ke tanah air for good, untuk selamanya.

Yang menjadi pikiran saya akhir2 ini adalah, kami harus "melakukan" sesuatu di Indonesia nanti, untuk Indonesia.  Idealnya sih ingin membangun perusahaan agar bisa mempekerjakan orang, membuka lapangan pekerjaan. Tapi, kalau pulang langsung buat perusahaan, rasaya agak berat, belum ada ilmunya, apalagi dananya =P. Jadi mungkin nanti mau usaha kecil-kecilan, sambil belajar kecil-kecilan dengan harapan, yang saya pelajari itu nanti  akhirnya bisa mendidik orang dengan ilmu saya itu.

Banyak yang bilang, kenapa saya tidak buka kursus bahasa Jepang saja, nanti. Toh saya lulusan sastra Jepang, plus pernah praktik bahasa Jepang di negara asalnya selama beberapa tahun. Tapi saya pikir, sudah banyak kursus2 bahasa bertebaran di Indonesia, sudah banyak juga yang bisa bahasa Jepang. Kalau saya asal buka kursus saja, nanti takutnya hanya akan jadi kursus ecek-ecek yang setengah-setengah dalam membagi ilmunya. Jadi kalau mau buka kursus, pengennya sih kurikulumnya nggak biasa, alias luar biasa *hayyah*.

Kepikiran juga untuk nerjemahin buku bahasa Jepang. Terus terang saya ada "dendam" berkaitan dengan ini. Dulu waktu masih kuliah, pernah ikut ujian menerjemahkan komik di salah satu penerbitan yang cukup ternama di Indonesia. Dua kali saya ikut tes, dua kali juga saya gagal. Yang pertama katanya terjemahan saya terlalu literal, sedangkan yang kedua katanya terlalu bebas. Hihihi, jadi sampai sekarang saya masih penasaran ingin membalaskan "dendam", alias ingin lulus di ujian penerjemahan komik di perusahaan itu. Tapi rencana ini belum benar-benar ingin saya laksanakan untuk saat ini.

Beberapa teman bilang, bahwa sekarang yang sedang boom di Indonesia adalah bisnis online. Jualan barang-barang secara online. Bahkan beberapa teman dekat saya ada yang sedang usaha ini. Yang dijualnya macem2, mulai dari perlengkapan anak, perlengkapan muslim, sampai asesoris-asesoris. Terus terang, saya ingin lebih dari itu, tidak hanyak sekedar berjualan, mengambil barang dari penyalur lalu menjualnya ke konsumen. Saya ingin mempelajari sesuatu hingga mahir dan ahli, lalu menjualnya. Nah, ada beberapa yang terpikirkan:
  1. Kerajinan Flanel. Duluuuu pernah suka, bahkan bahan-bahannya masih ada, tapi belum tersentuh ! (sedang dalam tahap penyentuhan...=P)
  2. Crocheting. Kalau yang ini, cuma karena dirumah ada beberapa buku yang saya beli untuk mama, tiba-tiba ingin coba, tapi ternyata tidak mudah..jadi sepertinya pass dulu.
  3. Membuat tas. Entah kenapa saya suka lihat tas, untung uang saya nggak berlebih, coba iya, bisa sering beli tas deh saya. Nah, pengen buat tas dengan desain saya sendiri deh..
  4. Patchworking. Tertarik ini gara-garanya nanti pengen bikin karpet sendiri untuk anak-anak. Hmm, ngumpulin bukunya dulu aja kaliyah..
Eh? kenapa nggak balik kerja kantoran aja? Mungkin ada yang berpikiran seperti itu. Dulu juga sebelum menikah saya pernah kerja kantoran selama 3 bulan (ngisi waktu sambil nunggu hari H pernikahan..ehehehe). Tapi sepertinya untuk sementara ini belum ada pikiran untuk kembali ke kantor. Ceritanya nggak mau ngelewatin milestones anak-anak saya, ehehehehe.

Begitulah sekilas brainstorming hari ini. Semoga nggak hanya jadi rencana. Semoga bisa terrealisasi. Semoga bisa berguna buat Indonesia q(^o^)p

Wednesday, April 20, 2011

Kalau Doa Belum Terkabul...

Posted by Ly at 4/20/2011 08:49:00 PM 2 Comments
Spring, 2011
 "Kalau Allah belum memberi yang kita minta, mungkin Allah ingin terus mendengar doa-doa kita. 
Seandainya Allah belum mengabulkan doa-doa kita di dunia, mungkin Allah akan membri yang terbaik kepada kita di akhirat nanti.
Allah menyukai hambanya yang selalu meminta, yang selalu berdoa padaNya.
Jadi banyak-banyaklah meminta, karena Allah tidak akan membatasinya, dan tidak akan habis pemberianNya"
(Kutipan dari seorang saudari tercinta <3)

Saturday, April 2, 2011

Our Own Time

Posted by Ly at 4/02/2011 10:59:00 AM 0 Comments
2010, autumn







Yah, waktu untuk diri kita sendiri. Kenapa saya tiba-tiba ngomongin ini? karena akhir2 ini saya "baru sadar" kalau saya secara tidak sadar (jadi sebenernya sadar ato enggak, nih? ^_^;) berusaha membuat waktu untuk diri sendiri.

Saat kita menjadi seorang Ibu, "usia keibuan" kita juga seumur dengan usia anak kita. Kalau anak kita berumur 1 tahun, berarti kita juga baru berumur 1 tahun sebagai seorang Ibu. Kita maupun anak sedang sama-sama belajar menjadi manusia baru. Bedanya, kita bisa mempelajari ilmunya dari berbagai sumber, sambil disertai trial and error, sedangkan anak kita hanya belajar dari pengalaman, trial and error. Karenanya, tugas kita sebagai ibu adalah membimbing si anak mempelajari perannya.

Menurut saya, seorang ibu baru benar-benar menikmati perannya sebagai seorang ibu hingga sang anak berusia 1 tahun lebih, atau hampir 2 tahun. Bukan, bukan berarti setelah usia anak 2 tahun, seorang ibu mulai bosan dengan perannya, apalagi bosan dengan anaknya. Semua pengalaman yang dialami si ibu adalah hal baru, dia akan mencoba belajar sambil mempraktikkan hal-hal baru itu sampai suatu masa tertentu. Pada suatu masa, saat seorang ibu mulai terbiasa dengan perannya, mulai bisa curi-curi waktu untuk menyelami kembali hobi-hobinya. Dan masa itu adalah ketika si anak berusia 2 tahun, ketika si anak mulai mandiri, juga ketika si ibu mulai lihai menjalani perannya.

Seperti yang sedang saya alami. Akhir2 ini saya mulai kembali menyelami hal-hal yang sebelumnya pernah saya sukai, hobi-hobi kecil yang saat melakukannya membuat saya lupa waktu.

Bukan berarti sebelumnya nggak bisa sama sekali sih. Sebelumnya, saat jam tidur Bilal masih teratur, saya selalu memanfaatkan jam tidur Bilal itu (yang ternyata nggak pendek!!) untuk hobi-hobi saya. Tapi akhir2 ini saat Bilal mulai besar, jam tidurnya nggak lagi teratur. Kadang siang tidur, kadang enggak. Kadang tidurnya pas tengah hari, kadang sore hari. Jadi sekarang saya harus pintar-pintar mencuri waktu. Bahkan, waktu setelah Papa pulang kantor juga bisa saya manfaatkan, karena Bilal pasti ingin main dengan Papanya, sepulang  kantor (habis kalau main sama mama nggak bisa diangkat-angkat siiyy..=P). Seperti saat ini, Papa sedang ke THT, minta obat untuk pollen allergynya sambil mengajak Bilal, nah waktu seperti ini bisa saya manfaatkan untuk beres-beres sambil menulis ^o^ (tapi koq kelamaan nulisnya nih kayaknya..).

Jadi kesimpulannya, meskipun kita sudah berkeluarga dan memiliki anak, sebaiknya kita bisa tetap menjalankan hobi-hobi kita. Nanti bukan hanya kita yang akan untung, tapi juga anak dan suami. Karena kalau kita suntuk dengan pekerjaan rumah, yang akan "kecipratan" suntuk dari kita adalah suami dan anak kita juga. Tapi, jangan sampai kita berlebihan jugaa menjalankan hobi-hobi kita, bisa-bisa nanti keluarga kita terlantar..^_^

Btw, pendapat saya ini adalah pendapat seorang ibu yang nggak dibantu asisten dirumah, saya nggak pernah pakai asisten (gimana caranya pakai asisten rumah di sini?? ^_^;), jadi mungkin beda lagi untuk ibu yang dibantu asisten..^_^

Wednesday, March 30, 2011

うそ?ほんとう?
(Uso/False? Hontou/True?)

Posted by Ly at 3/30/2011 10:10:00 AM 4 Comments
2010, summer festival
うそ?ほんとう?
Makan yang gosong-gosong bisa menyebabkan kanker?

うそ?ほんとう?
Baca di tempat yang gelap bisa merusak mata?

Berhubung yang tadi minta dimandiin udah tidur siang, jadi, mari kita lanjutkan pembahasan postingan ini..(berasa banyak nyang nungguin ajah..=P)

Makan yang gosong-gosong bisa menyebabkan kanker.....jawaban anda? True? False?
Yep, anda benar, It's True !!
Tapi, itu benar secara teori. Sedangkan praktiknya, sepertinya belum ada yang benar-benar meneliti tentang hal ini.

Baca di tempat yang gelap bisa merusak mata?.....jawaban anda? True? False?
Sayang sekali, kali ini anda salah, It's not true !!
Menurut para ahli, belum ditemukan hubungan antara membaca di tempat yang gelap dengan mata yang rusak, bahkan katanya rumor ini tidak benar. Tapi, kata dokter yang menjawab, meskipun tidak merusak mata, membaca di tempat yang gelap tidak dianjurkan untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Sebenarnya masih banyak pembetulan dari rumor2 yang beredar di acara yang saya tonton, tapi saya lupa euy..ingetnya sepotong2 aja..ga enak kan kalau ngasih info setengah2..nanti takutnya cuma jadi gosip..^_^;

Sumber : TV, dibahas langsung oleh para ahlinya.
Hmm, mungkin satu hal yang akan saya rindukan kalau saya pindah dari Jepang for good adalah acara-acara pendidikan yang bertebaran di TV sini. Yah, semoga suatu saat nanti banyak acara TV yang mendidik di Indonesia, biar nggak melulu sinetron sinis atau gosip nggak penting yang bertebaran di TV Indonesia..

Thursday, February 24, 2011

Alhamdulillah..what next?

Posted by Ly at 2/24/2011 10:37:00 PM 6 Comments
Alhamdulillah akhir2 ini banyak hal yang harus disyukuri yang terjadi pada saya dan keluarga. Pertama, alhamdulillah sekarang saya sedang mengandung adiknya Bilal, meramaikan baby boom di Tokyo dan sekitarnya. Usia kandungan sekitar 4 - 5 bulan-a, prediksinya insya Allah bulan Juli ^o^.

Alhamdulillah awal Februari lalu dapet pengumuman tentang hasil JLPT yang saya ikut lagi bulan Desember tahun lalu. Dan alhamdulillah lulus, akhirnyaa.. Padahal saya sudah membayangkan akan mencoba lagi N1 di bulan Juli dengan perut super besar. gara-garanya, ikutan JLPT Desember kemarin itu super nekat. Habis, sudah tahu testnya susah, tapi belajarnya angin-anginan. Meskipun menurut saya hasilnya pas-pasan sekali, suami saya (mungkin menghibur) bilang itu cukup lumayan, malah mungkin suami lebih girang dari saya.. Saya sih senengnya karena bisa bikin suami seneng, dan nggak buang-buang 6000 yen lagi (soalnya di percobaan JLPT pertama bulan Juli tahun lalu, saya gagal).

Alhamdulillah Allah masih memberi banyaaaak nikmatNya pada saya dan keluarga saya. Masih bisa bernafas, masih bisa introspeksi, masih bisa belajar, masih bisa makan cukup, masih bisa merasakan salju di Chiba, masih bisa menikmati perkembangan anak saya yang akhir2 ini semakin ngegemesin. Jadi, apa lagi yang bikin kita nggak bersyukur dengan rentetan nikmat yang Allah berikan pada kita?

"Fabiayyi alaa irobbikumaa tukadzzibaan"
Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?

Hmm, selanjutnya apa yah..melaksanakan amanah2 yang tertunda dulu deh..

Monday, September 6, 2010

JLPT - The Result

Posted by Ly at 9/06/2010 03:38:00 PM 12 Comments
2 Bulan yang lalu saya ikut tes JLPT, seperti jadwal, bulan September ini hasilnya keluar. Dan seperti yang sudah saya perkirakan, saya nggak lulus level N1. Sejak lulus kuliah tahun 2007 lalu, saya nggak pernah belajar bahasa Jepang lagi. Untuk persiapan tes ini saja saya hanya belajar kurang dari sebulan, nekat yah? padahal level yang saya ikuti itu yang paling sulit. Makanya, kalau saya lulus tes ini, sepertinya saya hanya akan merasa kurang puas (hihihi, alesaaan). Dan benar, Allah memang Maha Mengabulkan, setelah ikut tes 2 bulan lalu, koq saya jadi pengen ikut lagi yah..suka suasana tesnya, mengingatkan pada masa2 kuliah. Dan Alhamdulilah Allah mengabulkannya ^^.

Papipu bilang, skor yang saya dapatkan sudah lumayan, mengingat saya nggak pernah belajar b.Jepang kecuali dari komik, TV, dan percakapan sehari2 (yang sangat minim jumlahnya) saja.. Hehehe, Papipu insist kalau itu bukan cuma untuk membesarkan hati saya saja *chuu*. Setelah baca hasil tes saya, Papipu langsung ngerencanain persiapan2 yang harus saya lakukan untuk ikut tes lagi bulan desember mendatang... Mudah2an bisa konsisten..>_<

Friday, August 6, 2010

Allah Maha Mendengar dan Mengabulkan

Posted by Ly at 8/06/2010 11:30:00 PM 5 Comments
"Dan apabila hamba-hambaKu bertanya tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepadaKu, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah)Ku dan hendaklah mereka beriman kepadaKu, agar mereka selalu berada dalam kebenaran" (Al Baqarah: 186)

Saat kita berada di suatu keadaan yang membuat kita merasa nyaman dan puas, pernah kepikiran nggak, bahwa dulu, sebelum kita sampai di keadaan ini, sebenarnya kita pernah berdoa, atau sekedar berharap dalam hati agar bisa berada pada keadaan tersebut?

Saya pernah, sering malah.

Sekarang saya tinggal di Jepang, tempat dimana saya bisa puas baca komik Jepang dalam bahasa aslinya (dulu, salah satu alasan saya masuk sastra Jepang adalah agar bisa baca komik Jepang dalam bahasa Jepang..ehehehe). Kalau dipikir2, dulu waktu lagi seneng2nya baca komik di SMA, saya pengen bisa ke Jepang, ngelihat langsung setting2 yang ada di komik dalam bentuk aslinya. Dan Alhamdulilah harapan kecil saya saat SMA itu menjadi kenyataan.

Contoh lain, sekarang saya sudah menikah, dan alhamdulilah sangat bersyukur bisa menikah dengan Papipu. Tanggal lahir Papipu beda sehari dengan tanggal lahir Ayah saya. Dan dulu, seingat saya, saya pernah berangan2 ingin menikah dengan orang yang mirip dengan Ayah saya..hehehe. Walaupun yang mirip itu tanggal lahirnya, tapi alhamdulilah terkabul juga ^_~.

Dan masih banyak harapan2 kecil di masa lalu yang saat ini alhamdulilah terkabulkan.

Seperti sekarang, baru2 ini ada beberapa "hal baru" dalam hidup saya, meskipun belum sempurna. Dan seingat saya, dulu saya pernah berharap kecil dalam hati, agar suatu saat saya bisa menjadi seperti "hal baru" yang saat ini sedang dalam proses dalam hidup saya.

Jadi, banyak2lah berdo'a yang baik2, insya Allah akan dikabulkanNya, karena Allah telah berjanji dalam Al Qur'an, dan Allah itu Maha Menepati Janji. Kalau bukan sekarang, mungkin Allah sedang mempersiapkan waktu yang terbaik untuk mengabulkan permohonan kita, entah di dunia, atau di akhirat nanti. Dan jangan lupa untuk terus bersyukur atas segala nikmatNya kepada kita yaah ^_~.

Ya Allah, semoga hamba bisa melaksanakan amanah2 yang Engkau berikan ini dengan baik, menjaga motivasi, dan terus belajar untuk jadi lebih baik lagi agar bisa bermanfaat untuk sekitar, karena walaupun sedikiiit saja, ingiiin sekali bermanfaat bagi sekitar.

Rasulullah SAW bersabda:
"Khairunnas anfa’uhum linnas"
"Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain ” (HR. Bukhari)..”

Sunday, June 21, 2009

Satu langkah ke depan

Posted by Ly at 6/21/2009 08:54:00 PM 6 Comments
Akhir2 ini dateng ke beberapa acara ketemuan. Dan entah kenapa pemikiran dan pandanganku berubah. Mana yang nyaman, mana yang kurang nyaman. Mana yang lebih kusukai, mana yang kurang begitu kusukai. Mana yang kurasa lebih bermanfaat, mana yang kurasa kurang bermanfaat. Apakah ini tandanya aku semakin dewasa? Atau hanya sekedar perubahan status yang akhir2 ini baru terjadi?

Yang jelas aku sekarang tahu mana yang (setidaknya) akan bermanfaat atau malah merugikan kalau didatangi. Mungkin dulu aku naif, berusaha mempertahankan diri pada sesuatu yang semu, memandang dengan sempit dan menyangkal hal yang sesungguhnya. Akhirnya aku kena batunya.

Insya Allah mudah2an selanjutnya jadi lebih baik, lebih bisa memilih-milih dan berani mengambil keputusan. Kita kan cuma hidup sebentar di dunia. Sudah seharusnya kehidupan yang sebentar ini diisi dengan kegiatan mengumpulkan amal kebaikan, sebagai tabungan untuk kehidupan kekal nanti.

Thursday, April 9, 2009

Dirumah? atau Bekerja?

Posted by Ly at 4/09/2009 08:58:00 AM 4 Comments
Beberapa hari ini sempat keluar percakapan tentang pulang ke Indonesia antara saya dengan suami saya. Bukan hanya pulang untuk liburan atau mengunjungi keluarga, tapi for good, pulang selamanya untuk hidup di negeri tercinta.

Seperti yang sudah bisa diperkirakan, saya senang sekali dengan rencana ini, walaupun masih belum jelas kapan akan terlaksana. Pikiran saya sudah melayang, membayangkan tempat tinggal kami nanti, pertemuan dengan teman2 kuliah atau SMA, bahkan sampai pada pikiran untuk kembali bekerja.

Sejak awal menikah, suami saya tidak pernah melarang saya untuk bekerja atau kembali kuliah, malah dia sangat mendukung kalau saya ada kegiatan, saya saja yang belum punya keputusan. Saya lulusan S1 universitas di Indonesia, jadi agak sulit kalau saya mencari kerja di Jepang dengan ijasah Indonesia, walaupun ada beberapa senior yang melakukannya. Awalnya saya ingin melanjutkan S2, tapi saya ingin mencoba bidang lain diluar sastra Jepang (jurusan saya di Indonesia dulu). Mungkin karena ketidakseriusan saya dalam mencari bidang yang ingin saya pelajari, lama2 saya jadi malas sendiri. Akhirnya kami punya anak.

Balik ke pikiran saya untuk kembali bekerja jika kami pulang nanti ya.. Saya utarakan perihal ini pada suami, dan dia setuju. Tapi kemudian saya berpikir, apakah nanti saya tidak kangen Bilal (3,5 bulan). Insya Allah bisa saja saya menitipkan Bilal pada Ibu saya, tapi apakah saya bisa tahan berpisah dari dia. Apalagi dalam email-meng-email saya dengan teman2 kuliah akhir2 ini sempat ada bahasan tentang hal ini. Kata teman, guru bahasanya berhenti dari pekerjaannya untuk merawat anaknya sampai 5 tahun. Kata sang guru, "waktu itu saya sempat menyesal dengan keputusan saya berhenti kerja, tapi kalau dipikir lagi, masa 5 tahun pertama anak saya tidak akan terulang"..

Saat ini perenungan saya belum menghasilkan keputusan, tapi sepertinya kecenderungan untuk tidak bekerja dulu sampai usia tertentu anak saya lebih besar daripada kembali bekerja. Atau bisa juga saya mencari pekerjaan sambilan yang fleksibel..ada nggak yah. Tapi kembali lagi,, keputusan untuk kembali ke Indonesia saja belum ditentukan waktu pastinya...hehehe.

Honey, kalau kamu baca postingan ini, ini cuman pemikiran aku aja kok..
Insya Allah, 貴方は世界中のどこかで働いても私とビラルがついているよ.. jangan bosen yah ^_^..

Gambar diambil dari sini

Wednesday, April 23, 2008

Peking Olympic 2008 in my opinion

Posted by Ly at 4/23/2008 03:41:00 PM 0 Comments
Disini lagi rame isu tentang Olimpiade Peking 2008. Yah, bukan disini aja sih, tapi mungkin di seluruh dunia, wong pelaksanaannya tinggal 107 hari lagi. Yang kebanyakan diomongin bukan tentang Olimpiadenya sendiri, tapi tentang kasusnya Cina. Itu lho, Cina yang nggak mau meluluskan Tibet menjadi mandiri. Banyak pihak yang menentang. Suara yang paling mayor mungkin dari Perancis. Perancis sempet ngadain demo yang cukup gede yang bunyinya memboikot Olimpiade Peking, soalnya Perancis nggak setuju sama Cina yang mengekang Tibet. Gerakan ini dibalas penduduk Cina dengan memboikot beberapa produk Perancis, seperti Carrefour dan Louis Vuitton. Wah, nggak kebayang deh kalo penduduk Cina sebanyak itu ngeboikot sebuah produk, bisa rugi kaliyah (yah namanya juga pemboikotan, emang rugi kali). Tentang masalah ini gw ga tau kelanjutannya gimana, ga ada beritanya lagi akhir2 ini.

Sekitar satu jam yang lalu gw liat lagi berita tentang Olimpiade Peking ini di TV sini. Mereka ngebahas tentang usaha Cina nurunin hujan yang ngebawa warna hitam turun di bumi Peking. Dari yang gw tangkep, tujuan penurunan hujan ini cukup beralasan. Hujan yang turun itu ngilangin kabut tebal yang nutupin Peking. Yah emang sih sebagai konsekuensinya, para atlet yang lagi latihan jadi keganggu, dan katanya baju2 jadi kotor gara2 warna hitam yang diturunin ujan itu (gw ga gitu jelas tentang ini). Tapi yang gw kurang suka adalah komentar para tamunya. Disini penyampaian beritanya ada berbagai jenis. Mulai dari yang paling resmi kayak berita2 malem Metro TV sampai berita yang ditujuin untuk anak2 yang kemasannya dibuat semudah mungkin. Nah berita yang tadi gw tonton mungkin ditengah-tengah 2 berita itu. Diputer siang2, dan ngehadirin beberapa bintang tamu buat komentarin berita. Yah gitu deh, gw ga suka aja dengan komentarnya para bintang tamu itu yang nota bene artis2 atau orang2 terkenal di Jepang. Kesannya mereka ngejelek2in Cina aja, padahal mereka sendiri juga ga bagus2 amat, senengnya ngikutin..hehehe. Yah, ini sih komentar pribadi gw. Ini yang gw tangkep aja, bisa aja salah.

Ngomong2, kenapa sih Cina segitu ngototnya gak mau ngelepas Tibet jadi mandiri. Kira2 ini alasannya dari yang gw tonton dari TV juga :
  1. Kalo Tibet dilepasin, maka 2 kota yang juga lagi berjuang buat mandiri akan protes dan minta mandiri (Taiwan dan....lupa satu lagi apa)
  2. Tibet itu berbatasan langsung dengan negara timur tengah, jadi paling strategis buat naro alat2 militer.
  3. Tibet itu kaya akan hasil bumi. Ada Uranium,... gw lupa lagi apa yang lain.
Awalnya sih gw juga agak nggak setuju ama Cina, kok kesannya ngejajah banget. Tapi setelah agak ngerti gimana duduk permasalahannya, nggak bisa nyalahin Cina sepenuhnya sih. Ini kan masalah intern suatu negara, jadi kayaknya biarin mereka selesein sendiri. Lagian negara mana sih yang mau kota2nya merdeka. Indonesia juga dulu pertahanin Timor Leste dulu kan sebelum akhirnya dilepas (pas zaman Habibi itu).

Hehehe, jadi panjang deh.
Berita diatas sebangian besar adalah yang gw denger dan gw tangkep dari TV. Jadi nggak ada link acuannya. Kalau pengen tau lebih pastinya, silahkan googling tentang Olimpiade Peking ini. Dan ini adalah opini pribadi gw sebagai penikmat berita. Nggak berhubungan dengan kelompok atau negara tertentu. Gimanapun akhirnya, mudah2an bisa selesai dengan damai..^_^

Saturday, July 7, 2007

"Semoga jadi anak yang berguna bagi keluarga, agama, nusa dan bangsa"

Posted by Ly at 7/07/2007 03:31:00 AM 0 Comments
current mood : hi2,,lagi getol nulis niy..

Dari dulu pengeeen deh berguna buat umat. Umat disini = orang banyak.
Nyoba ngelakuin beberapa cara, tapi ujung2nya mentok di kemalasan n kebosanan diri sendiri. Sering juga bikin postingan blog yang (gw rasa) berguna, baik itu tentang agama, lingkungan, politik, isu terhangat, tapi yang juga tetep temanya menarik buat gw. Tapi setelah dibaca2 lagi, ternyata postingan itu nggak sepenting yang gw kira. Plus nggak se 'berpengaruh' seperti yang gw pikir.

Wacana yang sampe sekarang masih nyisa di akal idealis gw itu adalah tentang : LINGKUNGAN (khususnya sampah n polusi). Sering deh kalo lagi bediri di jalanan tiba2, "cluk", satu lagi sampah jatuh bebas di landasan luas (baca : bukan tempat sampah) kota Jakarta ini. Biasanya, abis ngalamin kejadian ini, gw langsung nyari sumber masalah itu; salah 1 manusia penyebab banjir Jakarta. Ada yang ibu2 bawa anak (duh, kalo dari kecil si anak diajarin buang sampah sembarangan, ntar pas dia gede Jakarta kayak apa yah), ada yang embak2 emas2 pedagang (yang ini lumayan banyak nih), ada juga yang orang2 muda kayak gw dengan penampilan rapi jali. Golongan yang ke3 ini yang sering bikin gw miris. Yah, kok gitu sih *sambil geleng2*.

Tapi sayang, gw belum bisa nunjukin kontribusi buat nyelesaiin masalah ini. Pengen nyoba ikutan LSM lingkungan (dah pernah nyoba2 liat2 WWF, Greenpeace, Walhi), tapi nggak punya duit. Buat aktif ikutan LSM kan mau nggak mau perlu duit buat operasionalnya.

Dulu waktu di Jepang sih sempet punya tekad kuat buat melajarin gimana proses daur ulang sampah. Yang kecil2 aja, gimana proses pemilihan sampah, supaya masing2 sampah punya fungsi lagi. Trus kalo udah ngerti, gw bawa ilmu itu ke Indonesia, eh kegedean kalo ke Indonesia, gw bawa ilmu itu ke komplek gw. Pengen gw terapin di komplek ini gitu maksudnya.

Tapi angan2 tetaplah angan2..hanya ada dalam pengandaian -> harapan -> kritik2 sosial dikit -> hilang ditelan waktu. Satu2nya usaha menjaga lingkungan dari sampah yang masih gw lakuin sekarang cuman "nyimpen" sampah yang gw hasilkan di jalanan untuk "dirumahkan" nantinya kalo nemu "rumahnya". Oia ada 1 lagi, geleng2 di depan orang yang buang sampah di depan mata gw..hihihi..

.:*:.buanglah sampah pada tempatnya .:*:.
 

Stasiun Kenangan Copyright © 2009 Baby Shop is Designed by Ipietoon Sponsored by Emocutez