Saturday, July 12, 2008

Perawat Jepang impor dari Indonesia?

Posted by Ly at 7/12/2008 06:11:00 PM
(22 Desember 2007, AFP) Berdasarkan kesepakatan perdagangan bebas dengan Indonesia, mulai tahun depan (2008, tahun ini!) Jepang menerima pendaftaran untuk 1000 orang perawat umum dan perawat lansia. Ini adalah kali pertama Jepang menerima tenaga perawat umum dan perawat lansia full timer dari luar negeri.

Mulai bulan 4 selama 2 tahun, Jepang menerima 200 orang perawat umum dan 300 orang perawat lansia (dari Indonesia). Jika program ini lancar, maka diramalkan pada tahun ketiga akan terjadi penambahan jumlah pendaftar.

Rencana yang sama sedang dipelajari di Filipina, tetapi Jepang dan Filipina belum memiliki kesepakatan perdagangan bebas.

Saat ini terjadi kekurangan jumlah perawat sebanyak 40.000 orang di Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja, dan Kesejahteraan Jepang, dan pada tahun 2014 diramalkan akan terjadi kekurangan tenaga sebanyak 450.000 sampai 550.000 orang.
(sumber: link ini)

Beritanya emang udah dari agak lama sih, tapi baru2 ini dapet kerjaan nerjemahin siarannya, jadi pengen nulis pendapat dikit.

Di beberapa sumber selain diatas, gw nemuin bahwa yang ngedaftar itu cuman dikit, soalnya kebanyakan perawat2 di Indonesia nggak punya sertifikat, jadi mereka nggak lulus seleksinya, sayang banget yah.

Program ini sendiri apa nguntungin buat Indonesia? pastinya ada dong sisi positifnya. Nih yah coba diuraiin, pertama, bisa ngurangin jumlah pengangguran di Indonesia, kedua, bisa ningkatin kesejahteraan beberapa penduduk Indonesia, soalnya gaji disini katanya lebih gede dari gaji perawat di Indonesia. Intinya yang bisa gw liat sih bisa ngelatih tenaga2 Indonesia biar lebih terdidik, siapa tau ntar pulang2 dengan pengalaman yang mereka dapet disini, ada yang bikin RS di Indonesia..kan seru tuh. Pastinya Jepang juga lagi perlu banget tenaga asing, liat aja data dari sumber di atas, kekurangan tenaganya cukup gede,,jadi Jepang yang butuh kita dong..(hehehe ga mau rugi..).

Tapi ada beberapa kelemahan juga sih. Apa ntar para perawat2 itu bisa menuhin kekurangan bahasanya..? Soalnya kalo liat di TV, nggak banyak orang Jepang yang bisa bahasa Inggris, apalagi kakek2 nenek2 yang lebih keras dari pemuda2nya. Katanya ada latihan bahasa 6 bulan sebelum mereka praktik,,mudah2an nggak pada stres yah.. Trus kalo liat dari siarannya, ceweknya banyak yang pake jilbab, berarti banyak yang muslim (yeyy, tambah banyak yang berjilbab keliling Jepang). Mudah2an ntar bukan mereka yang "kebawa" Jepang, tapi Jepang yang "kebawa" mereka,,amiiinnnn..heheee.

Hmm, daripada ngebahas ruginya, mendingan liat langsung praktiknya and look at the good side!...Indonesia jadi terkenal (nasionalis nih ceritanya), yang tahu Islam jadi banyak (hehehe, berarti gak diliatin orang2 di jalan lagi donk gw! yippie!), kesejahteraan penduduk Indonesia bertambah (amiiiinn), dan Jepang butuh kita (teteuuuppp)...

0 Comments:

 

Stasiun Kenangan Copyright © 2009 Baby Shop is Designed by Ipietoon Sponsored by Emocutez