Wednesday, April 23, 2008

Peking Olympic 2008 in my opinion

Posted by Ly at 4/23/2008 03:41:00 PM
Disini lagi rame isu tentang Olimpiade Peking 2008. Yah, bukan disini aja sih, tapi mungkin di seluruh dunia, wong pelaksanaannya tinggal 107 hari lagi. Yang kebanyakan diomongin bukan tentang Olimpiadenya sendiri, tapi tentang kasusnya Cina. Itu lho, Cina yang nggak mau meluluskan Tibet menjadi mandiri. Banyak pihak yang menentang. Suara yang paling mayor mungkin dari Perancis. Perancis sempet ngadain demo yang cukup gede yang bunyinya memboikot Olimpiade Peking, soalnya Perancis nggak setuju sama Cina yang mengekang Tibet. Gerakan ini dibalas penduduk Cina dengan memboikot beberapa produk Perancis, seperti Carrefour dan Louis Vuitton. Wah, nggak kebayang deh kalo penduduk Cina sebanyak itu ngeboikot sebuah produk, bisa rugi kaliyah (yah namanya juga pemboikotan, emang rugi kali). Tentang masalah ini gw ga tau kelanjutannya gimana, ga ada beritanya lagi akhir2 ini.

Sekitar satu jam yang lalu gw liat lagi berita tentang Olimpiade Peking ini di TV sini. Mereka ngebahas tentang usaha Cina nurunin hujan yang ngebawa warna hitam turun di bumi Peking. Dari yang gw tangkep, tujuan penurunan hujan ini cukup beralasan. Hujan yang turun itu ngilangin kabut tebal yang nutupin Peking. Yah emang sih sebagai konsekuensinya, para atlet yang lagi latihan jadi keganggu, dan katanya baju2 jadi kotor gara2 warna hitam yang diturunin ujan itu (gw ga gitu jelas tentang ini). Tapi yang gw kurang suka adalah komentar para tamunya. Disini penyampaian beritanya ada berbagai jenis. Mulai dari yang paling resmi kayak berita2 malem Metro TV sampai berita yang ditujuin untuk anak2 yang kemasannya dibuat semudah mungkin. Nah berita yang tadi gw tonton mungkin ditengah-tengah 2 berita itu. Diputer siang2, dan ngehadirin beberapa bintang tamu buat komentarin berita. Yah gitu deh, gw ga suka aja dengan komentarnya para bintang tamu itu yang nota bene artis2 atau orang2 terkenal di Jepang. Kesannya mereka ngejelek2in Cina aja, padahal mereka sendiri juga ga bagus2 amat, senengnya ngikutin..hehehe. Yah, ini sih komentar pribadi gw. Ini yang gw tangkep aja, bisa aja salah.

Ngomong2, kenapa sih Cina segitu ngototnya gak mau ngelepas Tibet jadi mandiri. Kira2 ini alasannya dari yang gw tonton dari TV juga :
  1. Kalo Tibet dilepasin, maka 2 kota yang juga lagi berjuang buat mandiri akan protes dan minta mandiri (Taiwan dan....lupa satu lagi apa)
  2. Tibet itu berbatasan langsung dengan negara timur tengah, jadi paling strategis buat naro alat2 militer.
  3. Tibet itu kaya akan hasil bumi. Ada Uranium,... gw lupa lagi apa yang lain.
Awalnya sih gw juga agak nggak setuju ama Cina, kok kesannya ngejajah banget. Tapi setelah agak ngerti gimana duduk permasalahannya, nggak bisa nyalahin Cina sepenuhnya sih. Ini kan masalah intern suatu negara, jadi kayaknya biarin mereka selesein sendiri. Lagian negara mana sih yang mau kota2nya merdeka. Indonesia juga dulu pertahanin Timor Leste dulu kan sebelum akhirnya dilepas (pas zaman Habibi itu).

Hehehe, jadi panjang deh.
Berita diatas sebangian besar adalah yang gw denger dan gw tangkep dari TV. Jadi nggak ada link acuannya. Kalau pengen tau lebih pastinya, silahkan googling tentang Olimpiade Peking ini. Dan ini adalah opini pribadi gw sebagai penikmat berita. Nggak berhubungan dengan kelompok atau negara tertentu. Gimanapun akhirnya, mudah2an bisa selesai dengan damai..^_^

0 Comments:

 

Stasiun Kenangan Copyright © 2009 Baby Shop is Designed by Ipietoon Sponsored by Emocutez