Thursday, March 18, 2010

Selangkah menuju Eco Life

Posted by Ly at 3/18/2010 12:23:00 PM
Inget lampu bohlam? bentuknya (ada yang) seperti di sebelah. Mungkin ada yang masih pakai? atau banyak? Kalau ngomongin bohlam, image yang ada di pikiran saya tuh kuning, redup, adem. Sinarnya bikin ngerasa adem. Tapi kalau lagi sedih diterangi bohlam, bawaannya tambah sedih. Trus pas ngekost dulu, saya lebih pilih pakai lampu yang sinarnya putih, ketimbang kuning, biar gak kerasa sepi (気持ち的はね).

Kenapa tiba2 ngomongin bohlam sih?
Tadi pagi, di TV ada berita tentang lampu bohlam ini, lebih tepatnya tentang lampu ini yang sebentar lagi akan jadi sejarah, setidaknya di Jepang. Nih, saya coba terjemahin beritanya dari Yahoo Japan. Tapi saya nerjemahinnya 2 paragraf pertama aja yah, paragraf ke-3 nggak saya terjemahin, nggak tega nyuekin Bibuba lama2. Plus nggak gitu penting koq, yang penting 2 paragraf pertama aja menurut saya. Btw, saya amatiran dalam hal terjemah-menerjemah, jadi kalau ada yang jago B.Jpg nemu kesalahan or penerjemahan yang aneh, harap maklum yaa..f(^_^);

**************************
Sumber : Yahoo Japan News

Toshiba Menghentikan Produksi Lampu Bohlam; Sejarah 120 Tahun Berakhir


17 Maret, 20:28


Pada tanggal 17, Toshiba menghentikan produksi 103 jenis lampu bohlam untuk umum yang diproduksi di pabrik anak perusahaannya, Toshiba Lighting & Technology Corporation, cabang Kanuma (Prefektur Tochigi, kota Kanuma). Untuk selanjutnya, produksi akan digantikan dengan lampu hemat energi berkemampuan tinggi, Dioda Cahaya (Light-Emitting Dioda - LED). Lampu bohlam Toshiba pertama kali digunakan secara umum di Jepang pada tahun 1890, dengan ini menutup sejarah panjang 120 tahun.


Produksi yang dihentikan adalah segala jenis lampu bohlam untuk umum, termasuk produk khusus dan yang berfungsi sebagai ornamen, yang penjualannya meningkat mencapai 20.000.000 buah pada tahun 2008. Toshiba berencana menghapuskan seluruh produksi lampu bohlam dalam negeri pada tahun 2012.


**************************

Sehebat apa sih lampu LED ini, koq segitunya sampe bikin produksi bohlam dihentikan?
Nanti saya bahas di postingan selanjutnya..^_^

Picture from here

0 Comments:

 

Stasiun Kenangan Copyright © 2009 Baby Shop is Designed by Ipietoon Sponsored by Emocutez